You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Penedagandor
Desa Penedagandor

Kec. Labuhan Haji, Kab. Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Desa Penedagandor Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat Untuk Informasi Sensus Online SP2020 kapan dilaksanakan silahkah Klik Link berikut | https://sensus.bps.go.id/ | atau klik menu | Sensus Online SP2020-BPS | paling atas

MUSRENBAGNDes RKPDes TAHUN 2020

SAHRUL AZMI 21 November 2019 Dibaca 595 Kali
MUSRENBAGNDes RKPDes TAHUN 2020

Musyawarah Rencana Pembangunan Desa atau yang lebih sering di kenal dengan sebutan MUSRENBANGDes Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Penedagandor pada Hari Rabu, 20 November 2019 di Aula Kantor Desa Penedagandor dihadiri kurang lebih 70 Orang, merupakan ketiatan Rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan MUSRENBANGDes ini dilaksanakan dalam rangka meminta masukan dan pendapat dari masyarakat terhadap dokumen rancangan RKP Desa yang telah disusun Oleh Tim Penyusun dan Tim Verifikasi RKPDes.

MUSRENBANGDes yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Penedagandor merupakan MUSRENBANGDes pertama untuk desa-desa diwilayah Kecamatan Labuhan Haji Tahun 2019 ini, pada sambutannya TIM Monitoring dari Dinas PMD Kab. Lombok Timur menyampaikan "kami  dari TIM Monitoring pelaksanaan kegiatan MUSRENBANGDes untuk pertama kalinya mengikuti MUSRENBANGDes dikecamatan labuhan haji dibuka oleh Desa Penedagandor, mudahan acara MUSRENBANGDes ini berjalan dengan lancar dan dapat menampung semua aspirasi peserta MUSRENBANGDes ini". Hal lain juga disampaikan kaitannya dengan Penting kemudian sebuah perencanaan yang matang walapun kegiatan MUSRENBANGDes ini rutin dilaksankan, disamping itu juga tim monitoring menyampaikan Fungsi dari BPD pada suatu Desa adalah sebagai penyeimbang atau penyelaras Pemerintah desa bukan sebagai Auditor.

Harapan lain juga keluar pada acara tahunan ini datang dari Kepala Desa Penedagandor yaitu Bapak Abdul Qadir, pada pengantarnya lebih menekankan pada perencanaan tahun 2020 ini, untuk pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan program-program pemerintah pusat yang kemudian hasilnya atau output dari program itu bisa dinikmati untuk kesejahteraan masyarakat desa Penedagandor, diantaranya Desa Wisata dan BUMDes harus dikembangkan atau di kelola dengan baik untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk masayarakat Desa Penedagandor.

Pada kesempatan lainnya juga dari Pemerintah Kecamatan Labuhan Haji yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi PMD Kecamatan Labuhan haji menyampaikan hal hal sederhana yang bisa menjadi Potensi Ekonomi adalah Bank sampah, bank sampah ini tidak bisa diremehkan karena sangat sederhana namun bisa berdampak positif untuk masayakat khususnya nanti di Penedagandor. Selain itu untuk menunjang beberapa program yang akan dilaksanakan di desa harusnya BUMDes suatu desa itu harus bisa mandiri karena tidak menutup kemungkinan karena adanya satu dan lain hal seperti gangguan politik, bencana alam yang bisa menyebabkan dana desa itu berkurang, sehingga dengan sudah mandirinya BUMDes suatu desa bisa menjadi salah cara untuk menanggulangi hal tersebut.

Sebelum acara diskusi atau tanya jawab anatara Tim Penyusun, Verifikasi RKPDes dan Peserta MUSRENBANGDes Ketua BPD Desa Penedagandor Bapak Ahmad Supandi, M.Pd menyampaikan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang sudah kita laksanakan yaitu MUSDes RKPDes, sehingga mari kita ucapkan terima kasih juga kepada tim yang sudah menyiapkan acara ini. Kemudian Ketua BPD juga menyampaikan pada MUSRENBANGDes tahun ini semakin banyak yang terlibat pada acara ini maka semakin sedikit resiko yang akan dihadapi kedepan karena sudah banyak masyarakat yang melihat dan mendengar apa yang menjadi keputusan kita bersama.

Acara MUSRENBANGDes Tahun 2020 berjalan dengan lancar terkendali walaupun ada beberapa hal yang menjadi perdebatan namun tidak kemudian menjadi masalah yang besar, itu merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap musyawarah untuk mendapatkan keputusan yang maksimal.

Pada akhirnya Draf Rencana Kerja Pemerintah Desa untuk Tahun 2020 rapung di bahas, mulai dari Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan, Bidang Pembangunan Desa, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan dan terakhir untuk Bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image